Cara Cek Bantuan BLT BPJS ketenagakerjaan Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan

Cara Cek Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan – Berikut metode cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair tiap bulanya.

Caranya amat gampang, tinggal anda login saja di situs resminya.

Lalu ketik nomor KTP anda.

Nanti Server akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan BLT bpjs ketenagakerjaan setiap bulan, umumnya tiap pekan ke dua disetiap bulanya.

Apabila ada penerima BLT bpjs ketenagakerjaan yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima dapat mengambilnya sekaligus dibulan ini, yaitu 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan ini akan di {cairkan|salurkan melalui Kantor Pos, sedangkan BPNT dan PKH akan dicairkan melalui Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan kerap kali disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan terhadap masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Metode Cek Penerima BLT bpjs ketenagakerjaan Tunai via Online.

Untuk mengecek BLT bpjs ketenagakerjaan Online, dapat memakai HP, dengan mengunjungi laman legal yakni cekbansos.kemensos.go.id. di situs itu anda bisa mengecek apakah termasuk penerima BLT bpjs ketenagakerjaan atau tidak. Juga akan ada keterangan dana sudah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai tulisan ini ditulis, seperti ini sistem cek Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan Online melewati HP:

1. Silakan Login di website legal cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

Semak:  Cara Cek Bantuan Bansos PPKM online pembagian subsidi Disemua Daerah

2. Ketikan domisili anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

3. Ketikan nama lengkap sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Jika tidak terang, dapat di refresh kembali, untuk memperhatikan kode baru.

5. Lalu klik cari data.

Cara Cek Bantuan penerima Bansos

Catatan:

Server akan mencocokan nama sesuei ktp di wilayah tersebut. untuk mengakses web tersebut tak diperlukan no KK. Jadi ini bisa dijalankan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan wilayah orang hal yang demikian tinggal.

Metode Mencairkanya:

Umumnya Penerima Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan ini akan mendapat surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dilaksanakan di tempat yang sudah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau dapat juga di kantor desa/kelurahan. Tetapi ada juga yang langsung melewati Kantor Pos.

Surat panggilan tersebut akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan hal yang demikian, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh BLT bpjs ketenagakerjaan. Termasuk Prasyarat yang semestinya disiapkan yang akan dibawa saat pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima BLT bpjs ketenagakerjaan juga seharusnya membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang autentik serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, umumnya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima patut menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lain-lain.

Umumnya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan , ini terjadi supaya tidak terjadi kerumunan, sampai pengambilan dana Bansos dikontrol sebagian orang saja perharinya.

Diinginkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian setibanya di kantor pos, penerima BLT bpjs ketenagakerjaan semestinya menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos hal yang demikian.

Semak:  Cara Cek Bantuan Bantuan Bansos PPKM Disemua Daerah

sesudah dipanggil, penerima menyerahkan prasyarat yang telah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos yang semestinya.

Saat terjadi serah terima dana Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima BLT bpjs ketenagakerjaan, komplit dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan sudah mendapatkan dan Bansos / BLT.

Cara Cek Bantuan UMKM

Dana bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan ini wajib diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tidak ada tarif sepeserpun, bak dari kantor pos, ataupun dari desa / kelurahan.

Bila ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat dipinta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tidak Menerima Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan.

Bagi masyarakat yang tak terdaftar penerima Bantuan BLT bpjs ketenagakerjaan, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, namun cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usaha  mikro, dengan bukti surat usulan calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Ketik nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik β€œProgres Inquiry”.

Nanti akan muncul keterangan bahwa anda terdaftar atau tidaknya, seperti teladan keterangan yang tak terdaftar :

β€œNomor eKTP tidak teregistrasi sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian klik β€œCari”.

4. Kemudian akan muncul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tak.

Masyarakat awam yang tidak mengenal isu ini, dan tidak dapat mengecek BPUM-nya, jangan risau, karena pemerintah akan memberitahukan melewati SMS.

Semak:  Cara Cek Bantuan penerima Bansos PPKM Disemua Daerah

Kalau ada yang mendapatkan SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang telah diatur oleh SMS hal yang demikian.

Cara Pencairan BLT UMKM

Sesudah mendapatkan SMS oleh bank, langsung verifikasi ke bank tersebut, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

setelah itu verifikasi dokumen yang sudah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara langsung.

Berikut metode mendaftar BPUM

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM darurat

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, bila ada data yang tidak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Lengkap.
  • 4. Alamat.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah tulisan tentang Bansos / BLT ini diciptakan sebagi info terhadap masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di tulisan ini, tapi kami telah berusaha semaksimal mungkin. teruslah berupaya untuk mencapai harapan anda, jangan berpatok pada bantuan, sebab mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih berhak mendapatkanya ketimbang anda.