Cara Cek Bantuan Bansos Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan Bansos

Cara Cek Bantuan Bansos – Berikut metode cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair tiap bulanya.

Caranya begitu mudah, tinggal anda login saja di web resminya.

Lalu ketikan nomor KTP anda.

Nanti Server akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan Bansos tiap bulan, biasanya tiap minggu ke dua disetiap bulanya.

Jika ada penerima Bansos yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima dapat mengambilnya sekaligus dibulan ini, yaitu 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM darurat

Bantuan Bansos ini akan di {cairkan|salurkan lewat Kantor Pos, sedangkan BPNT dan PKH akan disalurkan melewati Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan Bansos sering disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan terhadap masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Metode Cek Penerima Bansos Tunai lewat Online.

Untuk mengecek Bansos Online, bisa menggunakan HP, dengan mengunjungi web legal yaitu cekbansos.kemensos.go.id. di situs itu anda bisa mengecek apakah termasuk penerima Bansos atau tak. Juga akan ada keterangan dana sudah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai artikel ini ditulis, semacam ini cara cek Bantuan Bansos Online melalui HP:

1. Silakan Login di website sah cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

2. Ketikan domisili anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

3. Ketikan nama komplit sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Kalau tidak terang, bisa di refresh kembali, untuk memandang kode baru.

Semak:  Cara Cek Bantuan BLT 2021 kapan cair Disemua Daerah

5. Lalu klik cari data.

Catatan:

Sistem akan mencocokan nama sesuei ktp di wilayah hal yang demikian. untuk mengakses website tersebut tidak diperlukan no KK. Jadi ini bisa dikerjakan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan wilayah orang hal yang demikian tinggal.

Sistem Mencairkanya:

Biasanya Penerima Bantuan Bansos ini akan mendapatkan surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dikerjakan di daerah yang sudah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau dapat juga di kantor desa/kelurahan. Tetapi ada juga yang langsung melewati Kantor Pos.

Surat panggilan tersebut akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan tersebut, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh Bansos. Termasuk Prasyarat yang harus disiapkan yang akan dibawa saat pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima Bansos juga patut membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang absah serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, biasanya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima semestinya menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lain-lain.

Lazimnya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan Bansos , ini terjadi supaya tak terjadi kerumunan, sampai pengambilan dana Bansos diatur sebagian orang saja perharinya.

Diinginkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian sesampainya di kantor pos, penerima Bansos seharusnya menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos hal yang demikian.

setelah dipanggil, penerima menyerahkan syarat yang telah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos Tersebut.

Saat terjadi serah terima dana Bantuan Bansos , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima Bansos, komplit dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan sudah mendapatkan dan Bansos / BLT.

Semak:  Cara Cek Bantuan BLT cair Disemua Daerah
Cara Cek Bantuan Bantuan BLT

Dana bantuan Bansos ini seharusnya diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tak ada biaya sepeserpun, bak dari kantor pos, ataupun dari desa / kelurahan.

Jika ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat diminta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Bansos.

Bagi masyarakat yang tak teregistrasi penerima Bantuan Bansos, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, tetapi cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usahaΒ  mikro, dengan bukti surat masukan calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Ketikan nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik β€œProgres Inquiry”.

Nanti akan muncul keterangan bahwa anda terdaftar atau tidaknya, seperti teladan keterangan yang tak terdaftar :

β€œNomor eKTP tak terdaftar sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian Pencet β€œCari”.

4. Kemudian akan timbul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tak.

Masyarakat umum yang tidak mengenal kabar ini, dan tidak dapat mengecek BPUM-nya, jangan risau, karena pemerintah akan memberitahukan melalui SMS.

Jikalau ada yang menerima SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang telah ditentukan oleh SMS hal yang demikian.

Cara Pencairan BLT UMKM

Setelah menerima SMS oleh bank, lantas verifikasi ke bank tersebut, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)
Semak:  Bantuan PKH Tahap 4 Kapan Cair

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

setelah itu verifikasi dokumen yang sudah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara langsung.

Berikut sistem mendaftar BPUM

Cara Cek Bantuan Bansos dki

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, jika ada data yang tidak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Komplit.
  • 4. Alamat.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah artikel perihal Bansos / BLT ini diwujudkan sebagi kabar kepada masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di artikel ini, tapi kami sudah berupaya semaksimal mungkin. teruslah berusaha untuk menempuh kemauan anda, jangan berpatok pada bantuan, sebab mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih memiliki hak mendapatkanya daripada anda.