Cara Cek Bantuan Bantuan BLT Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan Bantuan BLT – Berikut metode cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair tiap-tiap bulanya.

Caranya benar-benar mudah, tinggal anda login saja di situs resminya.

Lalu ketik nomor KTP anda.

Nanti akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan Bantuan BLT setiap bulan, biasanya setiap minggu ke dua disetiap bulanya.

Kalau ada penerima Bantuan BLT yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima bisa mengambilnya sekalian dibulan ini, yakni 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Cara Cek Bantuan Bansos 2021 kapan cair

Bantuan Bantuan BLT ini akan di {cairkan|salurkan lewat Kantor Pos, akan tetapi BPNT dan PKH akan dicairkan lewat Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan Bantuan BLT tak jarang disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan kepada masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Sistem Cek Penerima Bantuan BLT Tunai melewati Online.

Untuk mengecek Bantuan BLT Online, dapat memakai HP, dengan mengunjungi website legal yakni cekbansos.kemensos.go.id. di laman itu anda dapat mengecek apakah termasuk penerima Bantuan BLT atau tak. Juga akan ada keterangan dana telah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai artikel ini ditulis, semacam ini sistem cek Bantuan Bantuan BLT Online melalui HP:

1. Silakan Login di web resmi cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

2. Ketik domisili anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

3. Ketikan nama komplit sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Jika tak jelas, bisa di refresh kembali, untuk melihat kode baru.

5. Lalu klik cari data.

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM

Catatan:

Sistem akan mencocokan nama sesuei ktp di wilayah tersebut. untuk mengakses website tersebut tak diperlukan no KK. Jadi ini bisa dikerjakan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan wilayah orang hal yang demikian tinggal.

Sistem Mencairkanya:

Biasanya Penerima Bantuan Bantuan BLT ini akan mendapatkan surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dijalankan di tempat yang telah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau dapat juga di kantor desa/kelurahan. Melainkan ada juga yang langsung via Kantor Pos.

Surat panggilan tersebut akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan tersebut, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh Bantuan BLT. Termasuk Persyaratan yang wajib disiapkan yang akan dibawa dikala pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima Bantuan BLT juga seharusnya membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang autentik serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, umumnya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima mesti menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lain-lain.

Umumnya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan Bantuan BLT , ini terjadi agar tidak terjadi kerumunan, sampai pengambilan dana Bansos dikontrol beberapa orang saja perharinya.

Diinginkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian setibanya di kantor pos, penerima Bantuan BLT seharusnya menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos tersebut.

sesudah dipanggil, penerima menyerahkan syarat yang telah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos yang semestinya.

Dikala terjadi serah terima dana Bantuan Bantuan BLT , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima Bantuan BLT, lengkap dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan telah mendapatkan dan Bansos / BLT.

Dana bantuan Bantuan BLT ini wajib diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tak ada biaya sepeserpun, bak dari kantor pos, maupun dari desa / kelurahan.

Apabila ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat dipinta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tak Mendapatkan Bantuan Bantuan BLT.

Bagi masyarakat yang tak teregistrasi penerima Bantuan Bantuan BLT, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, tapi cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usaha¬† mikro, dengan bukti surat usul calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Masukan nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik “Progres Inquiry”.

Nanti akan muncul keterangan bahwa anda terdaftar atau tidaknya, seperti model keterangan yang tidak terdaftar :

“Nomor eKTP tak teregistrasi sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian Pencet “Cari”.

4. Kemudian akan timbul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tidak.

Masyarakat umum yang tidak mengetahui berita ini, dan tak bisa mengecek BPUM-nya, jangan risau, sebab pemerintah akan memberitahukan melewati SMS.

Jika ada yang menerima SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang sudah ditetapkan oleh SMS hal yang demikian.

Sistem Pencairan BLT UMKM

Sesudah mendapatkan SMS oleh bank, lantas verifikasi ke bank tersebut, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

sesudah itu verifikasi dokumen yang sudah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara langsung.

Berikut metode mendaftar BPUM

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, jika ada data yang tidak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Komplit.
  • 4. Alamat.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah tulisan perihal Bansos / BLT ini diwujudkan sebagi info terhadap masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di artikel ini, melainkan kami sudah berusaha semaksimal mungkin. teruslah berusaha untuk mencapai kemauan anda, jangan berpatok pada bantuan, sebab mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih memiliki hak mendapatkanya daripada anda.

Perkeso Bantuan 600, Semak 2 Update Terbaharu

Perkeso Bantuan 600, Semak Update Terbaharu, {Maka, untuk mengelakkan kerisauan anda berganda kerana pening memikirkan gaji yang perlu dibayar, anda boleh mohon bantuan atau...
admin
1 min read

Pemerkasaan Bantuan, Semak 2 Update Terbaharu

Pemerkasaan Bantuan, Semak Update Terbaharu, {Bagi anda yang layak untuk berdaftar iaitu golongan yang berpendapatan di bawah PGK semasa dan ingin membuat pendaftaran eKasih,...
admin
1 min read

Socso Bantuan, Semak 2 Update Terbaharu

Socso Bantuan, Semak Update Terbaharu, {7. Urusan ini bersesuaian dengan prinsip penyampaian bantuan yang berdasarkan kepada kelayakan dan bukan hak. Socso Bantuan, Semak Update...
admin
1 min read