Cara Cek Bantuan Bansos PPKM darurat Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM darurat – Berikut metode cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair setiap bulanya.

Caranya amat gampang, tinggal anda login saja di website resminya.

Lalu masukan nomor KTP anda.

Nanti Sistem akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan Bansos PPKM darurat tiap bulan, biasanya tiap minggu ke dua disetiap bulanya.

Jika ada penerima Bansos PPKM darurat yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima dapat mengambilnya sekaligus dibulan ini, yaitu 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Bantuan Bansos PPKM darurat ini akan di {cairkan|salurkan lewat Kantor Pos, tapi BPNT dan PKH akan disalurkan melalui Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan Bansos PPKM darurat acap kali disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan terhadap masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Metode Cek Penerima Bansos PPKM darurat Tunai melalui Online.

Untuk mengecek Bansos PPKM darurat Online, bisa mengaplikasikan HP, dengan mengunjungi situs resmi yaitu cekbansos.kemensos.go.id. di laman itu anda bisa mengecek apakah termasuk penerima Bansos PPKM darurat atau tidak. Juga akan ada keterangan dana sudah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai tulisan ini ditulis, begini metode cek Bantuan Bansos PPKM darurat Online melalui HP:

1. Silakan Login di laman legal cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

2. Ketik alamat anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

3. Ketikan nama lengkap sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Apabila tidak terang, bisa di refresh kembali, untuk memperhatikan kode baru.

5. Lalu klik cari data.

Cara Cek Bantuan Bantuan Bansos PPKM

Catatan:

Sistem akan mencocokan nama sesuei ktp di wilayah hal yang demikian. untuk mengakses website tersebut tidak diperlukan no KK. Jadi ini bisa dikerjakan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan kawasan orang tersebut tinggal.

Cara Mencairkanya:

Biasanya Penerima Bantuan Bansos PPKM darurat ini akan mendapatkan surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dilakukan di daerah yang telah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau bisa juga di kantor desa/kelurahan. Tetapi ada juga yang langsung lewat Kantor Pos.

Surat panggilan hal yang demikian akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan tersebut, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh Bansos PPKM darurat. Termasuk Prasyarat yang semestinya disiapkan yang akan dibawa saat pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima Bansos PPKM darurat juga seharusnya membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang asli serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, biasanya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima seharusnya mengikuti protokol kesehatan, seperti menerapkan masker dan lain-lain.

Umumnya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan Bansos PPKM darurat , ini terjadi supaya tidak terjadi kerumunan, sampai pengambilan dana Bansos dikontrol beberapa orang saja perharinya.

Diharapkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian setibanya di kantor pos, penerima Bansos PPKM darurat sepatutnya menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos tersebut.

sesudah dipanggil, penerima menyerahkan persyaratan yang telah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos yang semestinya.

Dikala terjadi serah terima dana Bantuan Bansos PPKM darurat , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima Bansos PPKM darurat, lengkap dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan telah mendapatkan dan Bansos / BLT.

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM

Dana bantuan Bansos PPKM darurat ini harus diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tidak ada tarif sepeserpun, bak dari kantor pos, maupun dari desa / kelurahan.

Kalau ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat dipinta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tak Menerima Bantuan Bansos PPKM darurat.

Bagi masyarakat yang tak teregistrasi penerima Bantuan Bansos PPKM darurat, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, melainkan cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usaha  mikro, dengan bukti surat masukan calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Masukan nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik “Progres Inquiry”.

Nanti akan timbul keterangan bahwa anda terdaftar atau tidaknya, seperti teladan keterangan yang tidak teregistrasi :

“Nomor eKTP tak teregistrasi sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian Pencet “Cari”.

4. Kemudian akan muncul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tidak.

Masyarakat umum yang tidak mengetahui info ini, dan tidak dapat mengecek BPUM-nya, jangan risau, karena pemerintah akan memberitahukan lewat SMS.

Bila ada yang menerima SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang telah ditetapkan oleh SMS hal yang demikian.

Metode Pencairan BLT UMKM

Sesudah menerima SMS oleh bank, langsung verifikasi ke bank hal yang demikian, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

setelah itu verifikasi dokumen yang telah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara seketika.

Berikut metode mendaftar BPUM

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM online

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, bila ada data yang tidak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Komplit.
  • 4. Domisili.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah tulisan perihal Bansos / BLT ini diwujudkan sebagi informasi kepada masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di artikel ini, tapi kami telah berusaha semaksimal mungkin. teruslah berupaya untuk menempuh keinginan anda, jangan berpatok pada bantuan, karena mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih berhak mendapatkanya daripada anda.

Perkeso Bantuan 600, Semak 2 Update Terbaharu

Perkeso Bantuan 600, Semak Update Terbaharu, {Maka, untuk mengelakkan kerisauan anda berganda kerana pening memikirkan gaji yang perlu dibayar, anda boleh mohon bantuan atau...
admin
1 min read

Pemerkasaan Bantuan, Semak 2 Update Terbaharu

Pemerkasaan Bantuan, Semak Update Terbaharu, {Bagi anda yang layak untuk berdaftar iaitu golongan yang berpendapatan di bawah PGK semasa dan ingin membuat pendaftaran eKasih,...
admin
1 min read

Socso Bantuan, Semak 2 Update Terbaharu

Socso Bantuan, Semak Update Terbaharu, {7. Urusan ini bersesuaian dengan prinsip penyampaian bantuan yang berdasarkan kepada kelayakan dan bukan hak. Socso Bantuan, Semak Update...
admin
1 min read