Cara Cek Bantuan daftar Bansos PPKM Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan daftar Bansos PPKM

Cara Cek Bantuan daftar Bansos PPKM – Berikut cara cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair tiap bulanya.

Caranya begitu mudah, tinggal anda login saja di situs resminya.

Lalu ketikan nomor KTP anda.

Nanti akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan daftar Bansos PPKM setiap bulan, umumnya tiap-tiap minggu ke dua disetiap bulanya.

Kalau ada penerima daftar Bansos PPKM yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima dapat mengambilnya sekalian dibulan ini, yaitu 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Cara Cek Bantuan Bantuan PPKM online

Bantuan daftar Bansos PPKM ini akan di {cairkan|salurkan melewati Kantor Pos, tapi BPNT dan PKH akan dicairkan melalui Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan daftar Bansos PPKM sering disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan terhadap masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Metode Cek Penerima daftar Bansos PPKM Tunai melewati Online.

Untuk mengecek daftar Bansos PPKM Online, bisa mengaplikasikan HP, dengan mengunjungi situs sah yaitu cekbansos.kemensos.go.id. di website itu anda dapat mengecek apakah termasuk penerima daftar Bansos PPKM atau tak. Juga akan ada keterangan dana sudah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai artikel ini ditulis, semacam ini cara cek Bantuan daftar Bansos PPKM Online melalui HP:

1. Silakan Login di website legal cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

2. Ketikan domisili anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

Semak:  Cara Cek Bantuan daftar Bantuan PPKM Disemua Daerah

3. Ketikan nama komplit sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Seandainya tak jelas, dapat di refresh kembali, untuk memperhatikan kode baru.

5. Lalu klik cari data.

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM online

Catatan:

Server akan mencocokan nama sesuei ktp di wilayah tersebut. untuk mengakses web tersebut tidak diperlukan no KK. Jadi ini dapat dijalankan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan wilayah orang tersebut tinggal.

Cara Mencairkanya:

Umumnya Penerima Bantuan daftar Bansos PPKM ini akan memperoleh surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dikerjakan di daerah yang sudah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau dapat juga di kantor desa/kelurahan. Tetapi ada juga yang langsung melalui Kantor Pos.

Surat panggilan tersebut akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan tersebut, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh daftar Bansos PPKM. Termasuk Persyaratan yang patut disiapkan yang akan dibawa saat pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima daftar Bansos PPKM juga wajib membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang absah serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, biasanya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima patut menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lain-lain.

Biasanya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan daftar Bansos PPKM , ini terjadi supaya tak terjadi kerumunan, sampai pengambilan dana Bansos dipegang beberapa orang saja perharinya.

Diharapkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian sesampainya di kantor pos, penerima daftar Bansos PPKM patut menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos tersebut.

sesudah dipanggil, penerima menyerahkan prasyarat yang telah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos yang semestinya.

Semak:  Cara Cek Bantuan kemensos Disemua Daerah

Saat terjadi serah terima dana Bantuan daftar Bansos PPKM , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima daftar Bansos PPKM, komplit dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan sudah mendapatkan dan Bansos / BLT.

Cara Cek Bantuan Bansos 2021

Dana bantuan daftar Bansos PPKM ini harus diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tak ada biaya sepeserpun, bak dari kantor pos, ataupun dari desa / kelurahan.

Seandainya ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat diminta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tak Mendapatkan Bantuan daftar Bansos PPKM.

Bagi masyarakat yang tak terdaftar penerima Bantuan daftar Bansos PPKM, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, namun cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usahaΒ  mikro, dengan bukti surat usul calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Ketik nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik β€œProgres Inquiry”.

Nanti akan timbul keterangan bahwa anda teregistrasi atau tidaknya, seperti figur keterangan yang tak teregistrasi :

β€œNomor eKTP tak terdaftar sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian Tekan β€œCari”.

4. Kemudian akan muncul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tidak.

Masyarakat lazim yang tidak mengenal isu ini, dan tidak dapat mengecek BPUM-nya, jangan risau, sebab pemerintah akan memberitahukan lewat SMS.

Jika ada yang mendapatkan SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang sudah diatur oleh SMS tersebut.

Semak:  Cara Cek Bantuan Bansos dki Disemua Daerah

Cara Pencairan BLT UMKM

Setelah mendapatkan SMS oleh bank, segera verifikasi ke bank tersebut, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

sesudah itu verifikasi dokumen yang telah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara seketika.

Berikut sistem mendaftar BPUM

Cara Cek Bantuan BANSOS

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, jikalau ada data yang tidak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Komplit.
  • 4. Domisili.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah artikel perihal Bansos / BLT ini diciptakan sebagi kabar terhadap masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di artikel ini, tetapi kami sudah berupaya semaksimal mungkin. teruslah berupaya untuk mencapai harapan anda, jangan berpatok pada bantuan, sebab mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih memiliki hak mendapatkanya daripada anda.