Cara Cek Bantuan Bansos PPKM online Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM online

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM online – Berikut metode cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair setiap bulanya.

Caranya benar-benar mudah, tinggal anda login saja di laman resminya.

Lalu ketik nomor KTP anda.

Nanti Sistem akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan Bansos PPKM online tiap-tiap bulan, biasanya tiap minggu ke dua disetiap bulanya.

Jika ada penerima Bansos PPKM online yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima bisa mengambilnya sekalian dibulan ini, yaitu 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Cara Cek Bantuan penerima Bansos

Bantuan Bansos PPKM online ini akan di {cairkan|salurkan via Kantor Pos, akan tetapi BPNT dan PKH akan disalurkan melalui Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan Bansos PPKM online sering kali disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan terhadap masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Cara Cek Penerima Bansos PPKM online Tunai melewati Online.

Untuk mengecek Bansos PPKM online Online, bisa menggunakan HP, dengan mengunjungi website sah yaitu cekbansos.kemensos.go.id. di laman itu anda bisa mengecek apakah termasuk penerima Bansos PPKM online atau tidak. Juga akan ada keterangan dana telah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai tulisan ini ditulis, begini sistem cek Bantuan Bansos PPKM online Online via HP:

1. Silakan Login di website resmi cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

Semak:  Cara Cek Bantuan kapan BLT cair Disemua Daerah

2. masukan alamat anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

3. Ketikan nama lengkap sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Jika tak terang, bisa di refresh kembali, untuk memperhatikan kode baru.

5. Lalu klik cari data.

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM

Catatan:

Server akan mencocokan nama sesuei ktp di kawasan hal yang demikian. untuk mengakses laman hal yang demikian tak dibutuhkan no KK. Jadi ini bisa dikerjakan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan kawasan orang tersebut tinggal.

Sistem Mencairkanya:

Lazimnya Penerima Bantuan Bansos PPKM online ini akan mendapatkan surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dilakukan di tempat yang sudah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau dapat juga di kantor desa/kelurahan. Melainkan ada juga yang langsung melalui Kantor Pos.

Surat panggilan hal yang demikian akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan hal yang demikian, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh Bansos PPKM online. Termasuk Persyaratan yang seharusnya disiapkan yang akan dibawa ketika pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima Bansos PPKM online juga semestinya membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang orisinil serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, lazimnya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima sepatutnya menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan lain-lain.

Biasanya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan Bansos PPKM online , ini terjadi supaya tak terjadi kerumunan, hingga pengambilan dana Bansos diatur beberapa orang saja perharinya.

Diinginkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian sesampainya di kantor pos, penerima Bansos PPKM online wajib menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos tersebut.

Semak:  Cara Cek Bantuan Bansos PPKM online Disemua Daerah

sesudah dipanggil, penerima menyerahkan persyaratan yang telah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos yang semestinya.

Ketika terjadi serah terima dana Bantuan Bansos PPKM online , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima Bansos PPKM online, lengkap dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan telah mendapatkan dan Bansos / BLT.

Cara Cek Bantuan BANSOS

Dana bantuan Bansos PPKM online ini mesti diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tak ada biaya sepeserpun, bak dari kantor pos, ataupun dari desa / kelurahan.

Apabila ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat diminta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tidak Mendapatkan Bantuan Bansos PPKM online.

Bagi masyarakat yang tidak terdaftar penerima Bantuan Bansos PPKM online, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, tapi cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usahaΒ  mikro, dengan bukti surat usulan calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Ketik nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik β€œProgres Inquiry”.

Nanti akan muncul keterangan bahwa anda teregistrasi atau tidaknya, seperti figur keterangan yang tidak teregistrasi :

β€œNomor eKTP tak terdaftar sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian Tekan β€œCari”.

4. Kemudian akan muncul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tak.

Masyarakat umum yang tidak mengetahui kabar ini, dan tak bisa mengecek BPUM-nya, jangan risau, karena pemerintah akan memberitahukan via SMS.

Semak:  Cara Cek Bantuan penerima Bansos Disemua Daerah

Kalau ada yang mendapatkan SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang telah ditentukan oleh SMS hal yang demikian.

Sistem Pencairan BLT UMKM

Sesudah mendapatkan SMS oleh bank, segera verifikasi ke bank tersebut, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

sesudah itu verifikasi dokumen yang telah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara langsung.

Berikut sistem mendaftar BPUM

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, kalau ada data yang tidak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Komplit.
  • 4. Alamat.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah artikel tentang Bansos / BLT ini diciptakan sebagi isu kepada masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di artikel ini, tetapi kami telah berupaya semaksimal mungkin. teruslah berusaha untuk menempuh kemauan anda, jangan berpatok pada bantuan, karena mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih mempunyai hak mendapatkanya ketimbang anda.