Cara Cek Bantuan Bansos PPKM darurat Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan Bansos PPKM darurat – Berikut sistem cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair tiap bulanya.

Caranya begitu gampang, tinggal anda login saja di website resminya.

Lalu masukan nomor KTP anda.

Nanti Sistem akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan Bansos PPKM darurat tiap-tiap bulan, umumnya setiap pekan ke dua disetiap bulanya.

Seandainya ada penerima Bansos PPKM darurat yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima bisa mengambilnya sekaligus dibulan ini, yakni 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Bantuan Bansos PPKM darurat ini akan di {cairkan|salurkan melalui Kantor Pos, sedangkan BPNT dan PKH akan dicairkan lewat Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan Bansos PPKM darurat kerap disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan kepada masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Metode Cek Penerima Bansos PPKM darurat Tunai via Online.

Untuk mengecek Bansos PPKM darurat Online, bisa mengaplikasikan HP, dengan mengunjungi laman resmi yakni cekbansos.kemensos.go.id. di web itu anda bisa mengecek apakah termasuk penerima Bansos PPKM darurat atau tak. Juga akan ada keterangan dana telah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai artikel ini ditulis, begini sistem cek Bantuan Bansos PPKM darurat Online melewati HP:

1. Silakan Login di situs resmi cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

2. Ketikan domisili anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

3. Ketikan nama komplit sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Kalau tak terang, dapat di refresh kembali, untuk memperhatikan kode baru.

5. Lalu klik cari data.

Cara Cek Bantuan penerima Bansos

Catatan:

Server akan mencocokan nama sesuei ktp di kawasan tersebut. untuk mengakses laman hal yang demikian tak dibutuhkan no KK. Jadi ini dapat dikerjakan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan kawasan orang hal yang demikian tinggal.

Sistem Mencairkanya:

Biasanya Penerima Bantuan Bansos PPKM darurat ini akan mendapat surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dilakukan di daerah yang telah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau bisa juga di kantor desa/kelurahan. Melainkan ada juga yang langsung via Kantor Pos.

Surat panggilan tersebut akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan hal yang demikian, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh Bansos PPKM darurat. Termasuk Prasyarat yang wajib disiapkan yang akan dibawa dikala pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima Bansos PPKM darurat juga sepatutnya membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang autentik serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, lazimnya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima seharusnya menjalankan protokol kesehatan, seperti menerapkan masker dan lain-lain.

Umumnya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan Bansos PPKM darurat , ini terjadi supaya tidak terjadi kerumunan, sampai pengambilan dana Bansos diatur sebagian orang saja perharinya.

Diharapkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian sesampainya di kantor pos, penerima Bansos PPKM darurat seharusnya menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos tersebut.

setelah dipanggil, penerima menyerahkan persyaratan yang sudah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos yang semestinya.

Dikala terjadi serah terima dana Bantuan Bansos PPKM darurat , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima Bansos PPKM darurat, lengkap dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan telah menerima dan Bansos / BLT.

Cara Cek Bantuan penerima Bansos

Dana bantuan Bansos PPKM darurat ini seharusnya diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tak ada tarif sepeserpun, bak dari kantor pos, maupun dari desa / kelurahan.

Jikalau ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat dipinta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tak Mendapatkan Bantuan Bansos PPKM darurat.

Bagi masyarakat yang tidak terdaftar penerima Bantuan Bansos PPKM darurat, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, melainkan cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usaha¬† mikro, dengan bukti surat usul calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Ketikan nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik “Progres Inquiry”.

Nanti akan timbul keterangan bahwa anda teregistrasi atau tidaknya, seperti model keterangan yang tidak terdaftar :

“Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian klik “Cari”.

4. Kemudian akan timbul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tidak.

Masyarakat lazim yang tak mengetahui informasi ini, dan tak bisa mengecek BPUM-nya, jangan risau, karena pemerintah akan memberitahukan via SMS.

Sekiranya ada yang mendapatkan SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang telah ditetapkan oleh SMS hal yang demikian.

Cara Pencairan BLT UMKM

Sesudah mendapatkan SMS oleh bank, langsung verifikasi ke bank hal yang demikian, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

setelah itu verifikasi dokumen yang sudah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara seketika.

Berikut metode mendaftar BPUM

Cara Cek Bantuan Bansos

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, seandainya ada data yang tak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Komplit.
  • 4. Alamat.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah tulisan tentang Bansos / BLT ini dijadikan sebagi isu kepada masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di artikel ini, melainkan kami telah berusaha semaksimal mungkin. teruslah berupaya untuk mencapai keinginan anda, jangan berpatok pada bantuan, karena mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih memiliki hak mendapatkanya ketimbang anda.

Perkeso Bantuan 600, Semak 2 Update Terbaharu

Perkeso Bantuan 600, Semak Update Terbaharu, {Maka, untuk mengelakkan kerisauan anda berganda kerana pening memikirkan gaji yang perlu dibayar, anda boleh mohon bantuan atau...
admin
1 min read

Pemerkasaan Bantuan, Semak 2 Update Terbaharu

Pemerkasaan Bantuan, Semak Update Terbaharu, {Bagi anda yang layak untuk berdaftar iaitu golongan yang berpendapatan di bawah PGK semasa dan ingin membuat pendaftaran eKasih,...
admin
1 min read

Socso Bantuan, Semak 2 Update Terbaharu

Socso Bantuan, Semak Update Terbaharu, {7. Urusan ini bersesuaian dengan prinsip penyampaian bantuan yang berdasarkan kepada kelayakan dan bukan hak. Socso Bantuan, Semak Update...
admin
1 min read