Cara Cek Bantuan Bansos.kemensos.go.id Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan Bansos.kemensos.go.id

Cara Cek Bantuan Bansos.kemensos.go.id – Berikut cara cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair setiap bulanya.

Caranya benar-benar mudah, tinggal anda login saja di web resminya.

Lalu ketik nomor KTP anda.

Nanti Sistem akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan Bansos.kemensos.go.id tiap-tiap bulan, umumnya tiap-tiap pekan ke dua disetiap bulanya.

Seandainya ada penerima Bansos.kemensos.go.id yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima dapat mengambilnya sekalian dibulan ini, yaitu 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Bantuan Bansos.kemensos.go.id ini akan di {cairkan|salurkan melewati Kantor Pos, sedangkan BPNT dan PKH akan dicairkan melewati Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan Bansos.kemensos.go.id acap kali disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan terhadap masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Cara Cek Penerima Bansos.kemensos.go.id Tunai lewat Online.

Untuk mengecek Bansos.kemensos.go.id Online, bisa mengaplikasikan HP, dengan mengunjungi situs sah yaitu cekbansos.kemensos.go.id. di web itu anda bisa mengecek apakah termasuk penerima Bansos.kemensos.go.id atau tidak. Juga akan ada keterangan dana telah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai artikel ini ditulis, semacam ini metode cek Bantuan Bansos.kemensos.go.id Online via HP:

1. Silakan Login di laman legal cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

2. Ketik alamat anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

3. Ketikan nama komplit sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Jika tidak terang, dapat di refresh kembali, untuk memandang kode baru.

Semak:  Cara Cek Bantuan UMKM Disemua Daerah

5. Lalu klik cari data.

Cara Cek Bantuan Bansos kemensos

Catatan:

Server akan mencocokan nama sesuei ktp di wilayah tersebut. untuk mengakses website hal yang demikian tak diperlukan no KK. Jadi ini dapat dilakukan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan kawasan orang tersebut tinggal.

Metode Mencairkanya:

Lazimnya Penerima Bantuan Bansos.kemensos.go.id ini akan mendapat surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dikerjakan di daerah yang telah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau bisa juga di kantor desa/kelurahan. Tapi ada juga yang langsung via Kantor Pos.

Surat panggilan tersebut akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan hal yang demikian, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh Bansos.kemensos.go.id. Termasuk Prasyarat yang sepatutnya disiapkan yang akan dibawa dikala pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima Bansos.kemensos.go.id juga mesti membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang absah serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, lazimnya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima mesti menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lain-lain.

Umumnya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan Bansos.kemensos.go.id , ini terjadi supaya tidak terjadi kerumunan, hingga pengambilan dana Bansos dibatasi beberapa orang saja perharinya.

Diharapkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian sesampainya di kantor pos, penerima Bansos.kemensos.go.id harus menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos hal yang demikian.

setelah dipanggil, penerima menyerahkan persyaratan yang sudah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos Tersebut.

Ketika terjadi serah terima dana Bantuan Bansos.kemensos.go.id , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima Bansos.kemensos.go.id, lengkap dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan sudah mendapatkan dan Bansos / BLT.

Semak:  Cara Cek Bantuan penerima BLT Disemua Daerah
Cara Cek Bantuan Bansos PPKM

Dana bantuan Bansos.kemensos.go.id ini patut diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tak ada biaya sepeserpun, bak dari kantor pos, maupun dari desa / kelurahan.

Jikalau ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat dipinta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tidak Menerima Bantuan Bansos.kemensos.go.id.

Bagi masyarakat yang tidak teregistrasi penerima Bantuan Bansos.kemensos.go.id, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, melainkan cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usahaΒ  mikro, dengan bukti surat usul calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Masukan nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik β€œProgres Inquiry”.

Nanti akan timbul keterangan bahwa anda teregistrasi atau tidaknya, seperti figur keterangan yang tidak terdaftar :

β€œNomor eKTP tidak teregistrasi sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian klik β€œCari”.

4. Kemudian akan timbul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tidak.

Masyarakat lazim yang tak mengenal berita ini, dan tak bisa mengecek BPUM-nya, jangan risau, karena pemerintah akan memberitahukan via SMS.

Bila ada yang mendapatkan SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang telah ditentukan oleh SMS hal yang demikian.

Sistem Pencairan BLT UMKM

Sesudah menerima SMS oleh bank, segera verifikasi ke bank hal yang demikian, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)
Semak:  Cara Cek Bantuan BLT UMKM Disemua Daerah

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

setelah itu verifikasi dokumen yang sudah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara seketika.

Berikut metode mendaftar BPUM

Cara Cek Bantuan kemensos go id

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, bila ada data yang tak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Lengkap.
  • 4. Alamat.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah artikel seputar Bansos / BLT ini dihasilkan sebagi isu kepada masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di tulisan ini, tetapi kami telah berusaha semaksimal mungkin. teruslah berusaha untuk menempuh harapan anda, jangan berpatok pada bantuan, karena mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih memiliki hak mendapatkanya daripada anda.