Cara Cek Bantuan Bansos kapan cair Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan Bansos kapan cair

Cara Cek Bantuan Bansos kapan cair – Berikut cara cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair tiap-tiap bulanya.

Caranya amat gampang, tinggal anda login saja di website resminya.

Lalu ketik nomor KTP anda.

Nanti Server akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan Bansos kapan cair tiap-tiap bulan, umumnya tiap-tiap pekan ke dua disetiap bulanya.

Jika ada penerima Bansos kapan cair yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima dapat mengambilnya sekaligus dibulan ini, yaitu 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Cara Cek Bantuan BANSOS

Bantuan Bansos kapan cair ini akan di {cairkan|salurkan via Kantor Pos, sedangkan BPNT dan PKH akan dicairkan via Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan Bansos kapan cair tak jarang disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan kepada masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Metode Cek Penerima Bansos kapan cair Tunai lewat Online.

Untuk mengecek Bansos kapan cair Online, dapat menggunakan HP, dengan mengunjungi web resmi yakni cekbansos.kemensos.go.id. di situs itu anda bisa mengecek apakah termasuk penerima Bansos kapan cair atau tak. Juga akan ada keterangan dana telah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai tulisan ini ditulis, semacam ini metode cek Bantuan Bansos kapan cair Online lewat HP:

1. Silakan Login di web legal cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

Semak:  Bantuan Segera Online, Semak 2 Update Terbaharu

2. masukan domisili anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

3. Ketikan nama lengkap sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Jika tak jelas, dapat di refresh kembali, untuk memperhatikan kode baru.

5. Lalu klik cari data.

Catatan:

Server akan mencocokan nama sesuei ktp di kawasan hal yang demikian. untuk mengakses website tersebut tidak dibutuhkan no KK. Jadi ini bisa dikerjakan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan kawasan orang tersebut tinggal.

Metode Mencairkanya:

Biasanya Penerima Bantuan Bansos kapan cair ini akan mendapatkan surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dikerjakan di daerah yang sudah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau bisa juga di kantor desa/kelurahan. Melainkan ada juga yang langsung via Kantor Pos.

Surat panggilan hal yang demikian akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan tersebut, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh Bansos kapan cair. Termasuk Prasyarat yang semestinya disiapkan yang akan dibawa dikala pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima Bansos kapan cair juga patut membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang absah serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, umumnya diminta oleh petugas kantor Pos.

Penerima mesti menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lain-lain.

Umumnya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan Bansos kapan cair , ini terjadi supaya tidak terjadi kerumunan, sampai pengambilan dana Bansos dikontrol beberapa orang saja perharinya.

Diinginkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian setibanya di kantor pos, penerima Bansos kapan cair semestinya menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos tersebut.

Semak:  Cara Cek Bantuan UMKM Disemua Daerah

setelah dipanggil, penerima menyerahkan persyaratan yang sudah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos yang semestinya.

Saat terjadi serah terima dana Bantuan Bansos kapan cair , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima Bansos kapan cair, lengkap dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan telah menerima dan Bansos / BLT.

Dana bantuan Bansos kapan cair ini harus diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tidak ada biaya sepeserpun, bak dari kantor pos, maupun dari desa / kelurahan.

Jikalau ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat dipinta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tak Menerima Bantuan Bansos kapan cair.

Bagi masyarakat yang tak terdaftar penerima Bantuan Bansos kapan cair, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, tetapi cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usahaΒ  mikro, dengan bukti surat usulan calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Masukan nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik β€œProgres Inquiry”.

Nanti akan muncul keterangan bahwa anda terdaftar atau tidaknya, seperti teladan keterangan yang tak terdaftar :

β€œNomor eKTP tak teregistrasi sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian klik β€œCari”.

4. Kemudian akan timbul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tidak.

Masyarakat biasa yang tak mengenal kabar ini, dan tak bisa mengecek BPUM-nya, jangan risau, karena pemerintah akan memberitahukan melewati SMS.

Semak:  Cara Cek Bantuan penerima BLT Disemua Daerah

Seandainya ada yang mendapatkan SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang telah ditetapkan oleh SMS tersebut.

Metode Pencairan BLT UMKM

Sesudah menerima SMS oleh bank, segera verifikasi ke bank hal yang demikian, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

sesudah itu verifikasi dokumen yang telah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara seketika.

Berikut cara mendaftar BPUM

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, seandainya ada data yang tak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Komplit.
  • 4. Alamat.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah tulisan perihal Bansos / BLT ini dibuat sebagi isu kepada masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di artikel ini, tapi kami sudah berusaha semaksimal mungkin. teruslah berupaya untuk menempuh kemauan anda, jangan berpatok pada bantuan, karena mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih mempunyai hak mendapatkanya ketimbang anda.