Cara Cek Bantuan Bansos 2021 Disemua Daerah

3 min read

Cara Cek Bantuan Bansos 2021

Cara Cek Bantuan Bansos 2021 – Berikut metode cek penerima bansos tunai (BST) yang akan cair tiap-tiap bulanya.

Caranya begitu mudah, tinggal anda login saja di website resminya.

Lalu ketik nomor KTP anda.

Nanti Server akan mengecek, apakah anda termasuk penerima bansos atau bukan.

Pemerintah akan menyalurkan Bansos 2021 setiap bulan, umumnya setiap minggu ke dua disetiap bulanya.

Bila ada penerima Bansos 2021 yang belum mengambil di bulan kemarin, sipenerima bisa mengambilnya sekalian dibulan ini, yaitu 2 kali jumlah bansos/ bulan.

Bantuan Bansos 2021 ini akan di {cairkan|salurkan lewat Kantor Pos, sedangkan BPNT dan PKH akan dicairkan via Bank-Bank Negara (Himbara).

Bantuan Bansos 2021 kerap kali disebut juga BLT Rp 300 ribu, yang di berikan kepada masyarakat yang terdampak pademi covid 19.

Cara Cek Penerima Bansos 2021 Tunai melewati Online.

Untuk mengecek Bansos 2021 Online, dapat menggunakan HP, dengan mengunjungi web resmi yakni cekbansos.kemensos.go.id. di website itu anda dapat mengecek apakah termasuk penerima Bansos 2021 atau tak. Juga akan ada keterangan dana sudah disalurkan atau belum, disetiap bulanya.

Dari mulai artikel ini ditulis, seperti ini cara cek Bantuan Bansos 2021 Online lewat HP:

1. Silakan Login di situs legal cekbansos.kemensos.go.id atau klik disini

2. Ketikan domisili anda, dari provinsi, Kabupaten / Kota, Kecamatan, dan Desa / Kelurahan.

Semak:  Cara Cek Bantuan Bansos PPKM Disemua Daerah

3. Ketikan nama lengkap sesuei KTP.

4. Kemudian ketikan kata yang tertera dalam kotak kode. Apabila tak terang, dapat di refresh kembali, untuk memandang kode baru.

5. Lalu klik cari data.

Catatan:

Server akan mencocokan nama sesuei ktp di wilayah tersebut. untuk mengakses laman hal yang demikian tidak dibutuhkan no KK. Jadi ini bisa dilaksanakan oleh siapa saja, asal tahu nama sesuei KTP dan kawasan orang tersebut tinggal.

Sistem Mencairkanya:

Biasanya Penerima Bantuan Bansos 2021 ini akan mendapat surat panggilan untuk pencairan.

Pencairan dijalankan di tempat yang telah ditunjuk, seperti kantor kecamatan atau dapat juga di kantor desa/kelurahan. Melainkan ada juga yang langsung melalui Kantor Pos.

Surat panggilan hal yang demikian akan diantarkan oleh RT/RW msetempat.Isi surat panggilan hal yang demikian, nama penerima Bansos/BLT, NIK, Nomor BST, Barcode, dan Jumlah dana yang akan diterima oleh Bansos 2021. Termasuk Syarat yang harus disiapkan yang akan dibawa ketika pengambilan dana Bansos /BLT ke Kantor Pos.

Penerima Bansos 2021 juga seharusnya membawa KTP Elektronik ( E-KTP) atau KK yang orisinil serta surat panggilan yang dibagikan oleh RT/RW.

Jangan lupa bawa foto-copy KTP dan KK, biasanya dipinta oleh petugas kantor Pos.

Penerima seharusnya mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan lain-lain.

Umumnya kantor pos akan memberikan jadwal hari apa sipenerima akan mengambil dana bantuan Bansos 2021 , ini terjadi supaya tidak terjadi kerumunan, hingga pengambilan dana Bansos dikuasai beberapa orang saja perharinya.

Diinginkan penerima datang sesuei jadwal, kemudian sesampainya di kantor pos, penerima Bansos 2021 sepatutnya menunggu giliran untuk mengambil / mencairkan dana bansos hal yang demikian.

Semak:  Cara Cek Bantuan Bantuan PPKM darurat Disemua Daerah

sesudah dipanggil, penerima menyerahkan persyaratan yang sudah disiapkan, kemudian petugas Pos akan memberikan Dana Bansos yang semestinya.

Saat terjadi serah terima dana Bantuan Bansos 2021 , Petugas kantor pos, akan memoto satu persatu penerima Bansos 2021, komplit dengan persyaratanya, ini untuk bukti bahwa bersangkutan sudah menerima dan Bansos / BLT.

Dana bantuan Bansos 2021 ini seharusnya diterima sesuei dengan yang tertera di surat panggilan, dan tak ada biaya sepeserpun, bak dari kantor pos, maupun dari desa / kelurahan.

Kalau ada potongan dari petugas kantor pos atau desa / kelurahan, masyarakat diminta untuk SEGERA melapor.

Caranya dengan menghubungi No WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan bukti- terlampir.

Alternative Masyarakat yang Tidak Menerima Bantuan Bansos 2021.

Bagi masyarakat yang tak terdaftar penerima Bantuan Bansos 2021, jangan berkecil hati. silakan Cek nama anda, tetapi cek dlu persyaratanya sebagai berikut:

  • 1. WNI
  • 2. Punya E-KTP
  • 3. Punya usahaΒ  mikro, dengan bukti surat usul calon penerima BPUM
  • 4. Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Cek Penerima BPUM dari Bank Rakyat Indonesia (BRI):

1. Klik eform.bri.co.id/bpum.

2. Ketikan nomor KTP dan kode aktivasinya.

3. Klik β€œProgres Inquiry”.

Nanti akan muncul keterangan bahwa anda teregistrasi atau tidaknya, seperti teladan keterangan yang tidak terdaftar :

β€œNomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM.”

Cek Penerima BPUM Bank Negara Indonesia (BNI)

1. Silakan Klik http://banpresbpum.id.

2. Kemudian Isi nomor eKTP.

3. Kemudian Tekan β€œCari”.

4. Kemudian akan timbul keterangan apakah anda penerima BPUM atau tak.

Masyarakat lazim yang tak mengenal isu ini, dan tak bisa mengecek BPUM-nya, jangan risau, karena pemerintah akan memberitahukan lewat SMS.

Semak:  Cara Cek Bantuan UMKM Disemua Daerah

Bila ada yang mendapatkan SMS segeralah lakukan komfirmasi ke bank yang telah ditentukan oleh SMS tersebut.

Cara Pencairan BLT UMKM

Setelah menerima SMS oleh bank, seketika verifikasi ke bank tersebut, dan siapkan dokumen sebagai berikut:

  • 1. eKTP.
  • 2. Fotocopy NIB atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  • 3. Kartu Keluarga (KK)

Kemudian Penerima menandatangai surat pertanggungjawab mutlak sebagai bukti penerima BLT UMKM.

sesudah itu verifikasi dokumen yang telah dibawa.

Bank akan menyalurkan dana sebesar Rp. 1.2jt secara langsung.

Berikut sistem mendaftar BPUM

Cara Cek Bantuan Bansos

Calon penerima diusulkan oleh UMKM kabupaten/kota.

Pengecekan data Calon penerima BPUM menjadi tanggung jawab penerima dan pengusul, jika ada data yang tak benar.

Kemudian BPUM akan meneruskankan usulanya ke UMKM provinsi.

Data atau Dokumen yang diusulkan sebagai berikut:

  • 1. NIK sesuei yang tertera di eKTP.
  • 2. Nomor Kartu Keluarga (KK).
  • 3. Nama Lengkap.
  • 4. Domisili.
  • 5. Bidang Usaha.
  • 6. Nomor .

Demikianlah artikel tentang Bansos / BLT ini dibuat sebagi info terhadap masyarakat. semoga bermamfaat dan ada hikmahnya, kekurangan sangatlah banyak di tulisan ini, tetapi kami sudah berupaya semaksimal mungkin. teruslah berupaya untuk menempuh kemauan anda, jangan berpatok pada bantuan, sebab mungkin banyak lagi masyarakat yang lebih berhak mendapatkanya ketimbang anda.